kendeng

Pegunungan Kendeng Pati, Simpan Sejuta Pesona

Pegunungan Kendeng Pati, Simpan Sejuta Pesona
Pegunungan Kendeng Pati, Simpan Sejuta Pesona
VisitPati.Com - Kayen, Pegunungan Kendeng Membentang di tiga wilayah Kabupaten di Jawa Tengah, mulai dari Kabupaten Kudus, Pati hingga Kabupaten Rembang. Pegunungan yang tersusun dari bebatuan kapur ini menyimpan sejuta pesona, mulai dari pesona alam hingga pesona tambang.

Dan setelah meninggalnya seorang aktivis kontra pembangunan semen asal Kecamatan Tambakromo, Pati Jawa Tengah, yakni Bu Padmi, Kendeng pun makin banyak orang yang tau.

Penulis dilahirkan di kaki pegunungan kendeng ini, tiga puluh tahun silam,  pegunungan ini masih asri karena banyaknya pohon – pohon tinggi yang masih hidup, sejak era tahun 1997, perambahan hutan serta illegal logging marak, menjadikan kawasan ini menjadi tandus, karena ulah tangan – tangan manusia tak bertanggung jawab.

Pesona wisata pegunungan Kendeng memang luar biasa, mulai dari Goa, air terjun hingga Bukit Pandang turut mempesona para pengunjungnya.

Goa Pancur kini makin tertata dan pemerintah daerah kabupaten Pati pun makin memperhatikannya, ini terbukti dengan dibangunnya berbagai sarana penunjang wisata, seperti mushola dan WC. Goa yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen ini tak hanya menjadi wisata alam, pun bisa menjadi wisata edukasi bagi siswa – siswa yang ingin mengetahui secara langsung topografi gunung kapur dengan suguhan stalagtit dan stalagmitnya.

Pesona wisata yang kedua yakni Bukit Pandang yang terletak di Desa Durensawit yang juga masuk Kecamatan Kayen. Menyuguhkan pemandangan luar biasa dari atas bukit dengan suasana alam yang masih asri nan alami. Pengelola tempat ini pun turut membangun prasarana untuk spot selfie para pecinta selfie.

Air terjun Lorotan Semar yang terletak di Desa Sumbersari Kecamatan kayen juga menyajikan pesona pegunungan Kendeng dengan airnya yang masih jernih jauh dari polusi, pengunjung pun datang dari luar Kabupaten Pati, seperti, Blora, Kudus dan Rembang.

Dengan sejuta keindahan alam, Pesona Pegunungan Kendeng yang kaya akan Kapur sebagai bahan baku semen ternyata juga dilirik oleh para investor pabrik semen. Tak ayal pihak pro dan kontra saling tarik ulur.

Selain itu, banyak objek wisata yang terletak di jalur pegunungan kendeng tersebut, diantaranya, Wisata Puncak Arga Pesona Dukuh Sendang Desa Beketel, Panorama Kandangan Dukuh Mahbang Desa Sumbersari dan Danau Trepus Desa Beketel. (sy)

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.