Kodim Pati adakan kegiatan donor darah bagi anggota Kodim Pati untuk membantu PMI Pati




Pati-Menghadapi kondisi dan situasi ditengah merebaknya wabah Covid-19 dan mengantisipasi wabah DBD serta berbagai kondisi lainnya, perlu diambil langkah tepat untuk menjaga agar stok darah di PMI Kabupaten Pati tetap aman.

Hal ini sangat perlu dilakukan, mengingat even donor darah secara massal di masyarakat dalam jangka waktu sekarang ini sangat beresiko serta tentunya agak sulit dilakukan dikarenakan terbentur dengan kondisi saat ini dengan meraknya wabah Covid-19.

Untuk mendukung serta menjaga supaya stok darah yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Pati tetap aman, pagi tadi Kodim 0718/Pati mengadakan kegiatan Bhakti Sosial donor darah yang diikuti oleh anggota TNI serta PNS TNI AD Kodim 0718/Pati di aula Suluh Bhakti Kodim Pati. Senin, 06/04/2020.

Dari 75 orang yang mendaftar dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan pagi tadi, sebanyak 52 orang berhasil diambil darahnya sehingga terkumpul sebanyak 52 kantong darah yang dapat dibawa oleh PMI.

Ditemui saat meninjau kegiatan donor darah, Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi ilham Zamani,SE mengatakan, "Kegiatan donor darah ini kita lakukan untuk mengantisipasi menipisnya stok darah yang dimiliki PMI Kabupaten Pati karena dikaitkan dengan kondisi saat ini dan juga antisipasi mendekati bulan puasa sehingga kami perlu mengambil langkah untuk membantu PMI dalam pemenuhan cadangan darah yang tersedia,"

"Ini karena mengingat kegiatan donor darah secara massal yang melibatkan masyarakat luas tidak memungkinkan untuk dilaksanakan karena merebaknya Covid-19 sehingga dari Komando atas memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk mengadakan kegiatan donor darah yang kita laksanakan hari ini yang diikuti oleh anggota Kodim 0718 Pati,"Ujar Letkol Adi.

Dandim berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat dengan mengikuti donor darah secara mandiri dengan mendatangi langsung ke kantor PMI Pati sehingga dapat membantu PMI serta masyarakat Kabupaten Pati yang membutuhkan bantuan darah.

Sementara itu Staf Tehnis PMI Kabupaten Pati Unit Donor Darah Herlina Wahyuningsih menyampaikan bahwa Kegiatan Donor darah di Kodim 0718/Pati adalah dalam rangka darurat wabah Covid-19 yang mengakibatkan stok darah yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Pati mengalami penurunan drastis.

"Kegiatan Donor darah yang dilaksanakan oleh Kodim Pati ini sangat membantu penyediaan darah di Kabupaten Pati untuk melayani kebutuhan darah untuk masyarakat Kabupaten Pati. Kebutuhan darah sangat penting karena dimusim ini selain untuk persalinan juga antisipasi DBD juga sangat membutuhkan pertolongan,"ucap Herlina.

Dia juga menambahkan bahwa untuk pemenuhan stok darah, PMI Kabupaten Pati menerapkan sistem tukar, setiap pasien yang meminta darah kepada PMI selanjutnya dari PMI meminta ganti donor pengganti yang tidak harus dengan golongan darah yang sama kepada keluarga pasien sehingga stok darah tetap terjaga.

Herlina juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut donor darah secara mandiri dengan datang ke unit donor darah PMI Kabupaten Pati yang siap melayani 24 jam karena pelayanan donor darah yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur Covid-19 juga sesuai dengan protap untuk kegiatan donor darah.(Snpt/Pendim)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.