MKRPL milik Kodim Pati terlihat semakin asri dengan perawatan yang tepat




Pati-Halaman belakang asrama Kodim 0718/Pati kini terlihat sejuk dan semakin hijau memanfaatkan pekarangan kosong dengan menanam menggunakan media pot. Setelah satu bulan tanaman sayur yang ditanam oleh anggota Pok Tuud sekarang sudah terlihat meghijau.

Hampir sekitar tiga tahun taman model kawasan rumah pangan lestari (MKRPL) dan hidroponik milik Kodim 0718/Pati yang terlihat sudah usang, sekarang mulai menghijau kembali. Renovasi yang dilaksanakan oleh Pok Tuud Kodim Pati dengan mengganti rangka MKRPL dengan menggunakan bambu serta meremajakan tanaman sayur dengan yang baru, kini sudah terlihat makin sedap dipandang mata.

Sistem tanam dengan menggunakan media pot terbukti  juga efektif untuk budidaya tanaman karena terkendala ketersediaan lahan yang ada sehingga tidak menjadi penghalang untuk dapat bercocok tanam. Dengan tanaman tomat, terong, cabai dan daun bawang, serta ada kolam kecil berada dipojok bangunan yang diisi ikan nila semakin menambah lengkap koleksi MKRPL yang diselubungi Paranet (Shading Net) untuk mengurangi intensitas sinar matahari ke tanaman.

Apabila ditekuni dan dengan perawatan yang tepat pasti akan diperoleh hasil yang memuaskan, hal ini diungkapkan oleh Kapala Pok Tuud Kodim Pati Pelda Ali Mahmudi di Markas Kodim Pati. Senin, (13/07/2020). "Perawatan tanaman dengan media tanam pot tergolong cukup ringan dan tergolong mudah, hanya memerlukan satu kali penyiraman setiap hari untuk mencukupi kebutuhan asupan air  yang dibutuhkan tanaman," ujar Pelda Ali.

Dia juga menambahkan bahwa masih ada satu lagi penambahan dalam MKRPL milik Kodim Pati tersebut  yakni pipa-pipa hidroponik yang sudah tersedia rencana kedepan akan dihidupkan kembali untuk menambah koleksi tanaman sayur.

"Pipa untuk media tanam hidroponik yang sudah ada rencana kedepan akan kita hidupkan kembali agar semakin banyak koleksi tanaman  dan untuk menambah asri dilingkungan asrama Kodim Pati,"terangnya.(Snpt.VP)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.