Danramil 20/Tambakromo Bersama Forkompimcam Resmikan Desa Sinomwidodo Sebagai Kampung Pancasila

TAMBAKROMO,VISITPATI.COM

Sebanyak 21 desa di wilayah Kabupaten Pati, Jawa tengah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Salah satunya yakni Desa Sinomwidodo Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, yang dilaksanakan hari ini oleh Forkopimcam Tambakromo.Sabtu,(4/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 20/Tambakromo Kapten Cba M. Zuhri Antoro membacakan sambutan Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P..

Pencanangan Kampung Pancasila merupakan program dari TNI Angkatan Darat yang diadakan di tiap-tiap Koramil jajaran Kodim di seluruh Indonesia.

Adapun latar belakang dibentuknya Kampung Pancasila adalah adanya degradasi moral dan lunturnya jiwa nasionalisme dikalangan melenial. Saat ini masyarakat merasa asing terhadap nilai-nilai Pancasila serta untuk menegakkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu dengan Kampung Pancasila diharapkan bisa menumbuhkembangkan nilai toleransi agama dan nilai gotong-royong.

"Untuk itu, kami sebagai Agent Of Change terpanggil untuk memperbaiki dan meningkatkan kembali degradasi itu. Mari kita sama-sama menjaga dan memelihara Pancasila sebagai ideologi negara dalam bingkai NKRI dengan Program "KODIM BENTENG PANCASILA". Pancasila harus dijadikan Way Of Life seluruh anak bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," paparnya. 

Dalam sambutannya Danramil juga menambahkan bahwa, tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga masyarakat Kabupaten Pati umumnya dan warga Desa Sinomwidodo khususnya, agar mengingat kembali, apa saja yang sudah tertuang dan tercantum dalam nilai-nilai Pancasila.

"Merupakan suatu program untuk membuat Kampung Pancasila di tiap-tiap Koramil, dijajaran Kodim 0718/Pati dalam rangka untuk merawat menumbuh kembangkan kembali menyebarkan nilai Pancasila dan untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Danramil.

Diharapkan dengan pencanangan Kampung Pancasila ini perbedaan sara yang ada di masyarakat dapat mempererat persaudaraan. Sehingga dalam kehidupan bermasyarakat dapat berjalan harmonis, aman tentram dan nyaman. (Vp.wn)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.