Inilah Manfaat Program UPPO Milik Kodim Pati


Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P.,M.I.P mengecek Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) yang berlokasi di desa Kutoharjo kecamatan Pati kompleks perumahan dinas Kodim 0718/Pati.

Didampingi Peltu Edy Siswanto Bati Teritorial Kodim 0718/Pati, pagi tadi Dandim Pati meninjau Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) yang dikelola oleh Kodim Pati.

Terlihat orang nomor satu di jajaran Kodim Pati tersebut meninjau kandang sapi serta garasi Alsintan (Alat dan mesin pertanian)serta pengolahan kompos serta biogas yang memanfaatkan dari kotoran ternak sapi.Rabu,(06/07/2022).

Menurut penuturan Peltu Edy Siswanto Bati Teritorial Kodim Pati, bahwa saat ini dikandang UPPO sudah terisi sebanyak 10 ekor ternak sapi yang dikelola salah satu prajurit yakni Serma Wahyono Babinsa Koramil 07/Wedarijaksa.

Pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) salah satu tujuannya adalah upaya memperbaiki kesuburan lahan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, yang difasilitasi dengan Pembangunan Unit Pengolah Pupuk Organik, yang terdiri dari bangunan rumah kompos, bangunan bakfermentasi, alat pengolah pupuk organik (APPO), bangunan kandang ternak komunal dan ternak sapi.

Saat ini, pemanfaatan Biogas dari kotoran sapi juga telah dapat dinikmati oleh 10 keluarga di perumahan dinas aggota Kodim 0718/Pati.

Dandim berpesan agar perawatan UPPO serta kesehatan ternak sapi agar terus dijaga dengan baik karena banyak sekali manfaatnya mulai dari pemanfaatan kompos, Biogas bagi masyarakat sekitar dan juga untuk anggota Kodim Pati.

"Tolong ini dirawat dengan baik agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat juga oleh anggota kita sendiri,"kata Dandim.

"Jangan lupa cek kesehatan rutin ternak sapi, karena saat ini baru merebak virus penyakit mulut & kuku (PMK), kalau perlu berikan vitamin untuk menjaga kesehatan ternak,"Tandasnya.(VP.Snpt)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.