Para Babinsa Koramil Tambakromo Sumbangkan Darah Demi Kemanusiaan



Tambakromo,Visitpati.com

Pemerintah Kecamatan Tambakromo bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati menggelar kegiatan donor darah di aula kantor kecamatan Tambakromo, Rabu (21/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut Camat Tambakromo Mirza Nur Hidayat S.Pd., M.H. mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan agenda 3 bulanan. Pihaknya menargetkan 50 kantong untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Kabupaten Pati, agar tidak terjadi kekosongan persediaan darah.


"Kegiatan donor darah kali ini, kami menargetkan sampai 50 kantong, semoga bisa tercapai, syukur-syukur kalau bisa melebihi. Kita mendapat dukungan dari TNI dan Polri, hingga perangkat desa serta ASN Kecamatan Tambakromo," ujar Camat.

Sementara Danramil 20/Tambakromo yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Sumbangan satu tetes darah untuk orang yang membutuhkan dapat menyelamatkan hingga sejuta nyawa.


"Kegiatan donor darah ini merupakan salah wujud kepedulian TNI dalam mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat sekelilingnya. Selain itu, melalui kegiatan donor darah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan darah. Semoga nanti semakin banyak warga yang mau mendonorkan darahnya untuk membantu sesama," tutur Danramil.

Sebelum melakukan donor darah, para pendonor terlebih dulu diperiksa kesehatannya oleh petugas medis. Adapun syarat sebagai pendonor di antaranya telah berusia 17 tahun, berat badan minimal 50 kg, tidak mengkonsumsi obat selama 3 hari terakhir dan kondisi kesehatannya stabil. Jika memiliki riwayat vaksin Covid-19, maka baru diperbolehkan donor jika sudah lewat 14 hari dari penyuntikan vaksin.(VP.Wn)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.