Babinsa Desa Pasuruhan Koramil Kayen Karya Bhakti Pembersihan Aliran Sungai


Kayen,Visitpati.com

Aliran sungai Juwana yang melintas di desa Pasuruhan kecamatan Kayen terlihat menghijau seperti digelar permadani berwarna hijau.

Ternyata menghijaunya aliran sungai tersebut karena dipenuhi oleh tumbuhan air bernama Enceng Gondok.

Enceng Gondok merupakan jenis tumbuhan air yang dapat berkembang dengan cepat, sehingga keberadaannya apabila dalam jumlah besar dapat memblokir aliran air yang berada di sungai yang dapat mengakibatkan banjir karena luapan air apabila debit air di sungai sedang tinggi.

Mengantisipasi hal tersebut, pemerintah desa Pasuruhan bersama Babinsa serta Bhabinkamtibmas serta masyarakat menggelar karya bhakti membersihkan aliran sungai Juwana 1 turut desa Pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Rabu,(19/04/2023).

Kepala desa Pasuruhan Nurul Huda beserta perangkat desa, Babinsa desa Pasuruhan Koramil 04/Kayen Serda M. Makruf bersama Bhabinkamtibmas dan warga setempat terlihat berjibaku membersihkan aliran sungai.

"Kegiatan kerja bakti tersebut dilaksanakan sebagai langkah untuk mencegah terjadinya banjir/ luapan air akibat adanya penumpukan enceng gondok di Jembatan Sungai Juwana 1 Pasuruhan,"kata Danramil 04/Kayen Lettu Inf Wanto melalui Babinsa.

Menurut Babinsa, ini merupakan antisipasi apabila adanya curah hujan yang tinggi di wilayah sekitar pegunungan Kendeng, mengingat untuk saat ini cuaca tidak menentu kadang dapat berubah sewaktu-waktu.
 
Dalam kesempatan tersebut Babinsa bersama Bhabinkamtibmas juga menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat agar selalu jaga kebersihan sungai serta menghindari membuang sampah dalam bentuk apapun di aliran sungai yang bisa menyebabkan sumbatan dan akhirnya bisa mengakibatkan banjir.(VP.Snpt)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.