Tanggul Sungai Gandam Jebol Anggota Koramil Batangan Dikerahkan Karya Bakti


Batangan-Visitpati.com

Untuk kesekian kalinya tanggul sungai Gandam desa Ketitangwetan kecamatan Batangan kabupaten Pati mengalami jebol akibat tingginya intensitas hujan di wilayah hulu sehingga debit air meningkat.

Awal kejadian yakni hari Sabtu tanggal 17 Februari 2024 sekira pukul 17.30 wib terjadi hujan lebat intensitas tinggi diwilayah kecamatan Pucakwangi dan kecamatan Jaken.

Untuk diketahui, aliran sungai Gandam membentang mulai dari wilayah Pucakwangi, Jaken dan melintasi di wilayah Ketitangwetan kecamatan Batangan sebelum bermuara di laut Jawa, sehingga apabila di wilayah hulu aliran sungai mengalami hujan lebat, maka masyarakat desa Ketitangwetan dan sekitarnya waspada serta siaga.

Diperkirakan pada pukul 03.30 wib debit air sungai Gandam mengalami kenaikan dan membuat tanggul sungai Gandam yang mengalir ditengah desa Ketitangwetan mengalami jebol di dua titik.

Pada lokasi pertama dekat Punden desa Ketitangwetan Rt. 2 Rw.1 dengan kelebaran 5 meter sehingga air menggenangi pekarangan warga sebanyak 25 KK dengan ketinggian 10 hingga 15 Cm.

Mengantisipasi terjadi banjir susulan, hari Minggu pagi 18 Februari 2024 dilakukan perbaikan tanggul antara TNI bersama masyarakat dengan menggunakan material karung yang diisi tanah dukungan dari PSDA Seluna Korlap Batangan sejumlah 500 buah dan dari swadaya masyarakat 500 buah.

Sedangkan pada lokasi kedua berada di Rt. 3 Rw. 1 tanggul jebol selebar 9 meter dan akan dikerjakan perbaikan dengan menggunakan alat berat.

"Saat ini debit air sudah berkurang sehingga tidak menghambat proses perbaikan tanggul yang dilakukan anggota kami bersama masyarakat,"kata Kapen Inf Suyani Danramil 15/Batangan.

"Dengan adanya bantuan alat berat semoga segera bisa rampung, sehingga masyarakat tidak khawatir apabila turun hujan lagi,"tandas Danramil.

Hadir dalam kegiatan karya bakti diantara Danramil 15/Batangan Kapten Inf Suyani, Kades Ketitangwetan Ali Muntoha beserta perangkat desa, Ketua Rt. 02 Rw.1, anggota Koramil 15/Batangan serta masyarakat Rt. 2 Rw. 1 desa Ketitangwetan.(Pendim Pati)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.