Gunungsari

Alas Pangonan Gunungsari, Objek Wisata Zaman Now di Pati

VisitPati.Com – Tlogowungu , Desa Gunungsari secara administratif terletak di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Jawa Tengah. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Gunungwungkal, salah satu desa wisata di Pati ini menyajikan pesona wisata alam sejuk nan alami.

Objek wisata di Desa Gunungsari ini sudah dikelola secara profesional dengan pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang dinamakan BUMDes Pesona Gunungsari. Badan usaha inilah yang membidani lahirnya objek wisata di Dukuh Pangonan dengan hutan pinusnya dan Dukuh Shanti dengan air terjun tretesnya. Selain menyajikan wisata alam yang menarik, ada juga produk kuliner yang bisa menjadi buah tangan atau oleh – oleh, yakni Kopi Deplok, Buah Manggis dan Langsep dengan cita rasa yang khas.

Rushadi selaku salah satu pengelola BUMDes Pesona Gunungsari mengatakan, “Latar belakang pembentukan desa wisata ini karena keprihatinan pemerintah desa terhadap ekonomi masyarakat, jadi selama ini masyarakat bertumpu pada penghasilan dari merantau ke luar daerah”.

“Hal inilah, maka pemerintah desa membuat BUMDes wisata untuk mengelola wisata ini dengan harapan bisa menggiatkan ekonomi masyarakat Desa Gunungsari pada umumnya”, imbuhnya.

Terkait kendala pengelolaan wisata, Rushadi menambahkan, “Kita masih terbentur di fasilitas baik dari pendanaan maupun dari segi apapun masih terkendala. Dan masih dari swadaya masyarakat, semua yang bekerja disini, itu masih kerigan (kerja bakti .red), belum ada honor sepeserpun untuk mereka – mereka yang berkecimpung di desa wisata ini”.

Selama Desember 2017 hingga 7 Januari 2018, jumlah pengunjung di Objek wisata hutan pinus tercatat sebanyak 6.500. Dan kedepannya wisata ini akan dilengkapi dengan Camping Ground,  Gazebo, Flying Fox dan fasilitas untuk selfie lainnya. (vp) 

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.