Inilah Tujuan Dicanangkannya Desa Gabus Sebagai Kampung Pancasila

GABUS,VISITPATI.COM

Koramil 19/Gabus Kodim 0718/Pati hari ini melaksanakan pencanangan kampung Pancasila oleh Danramil 19/Gabus beserta Muspika Gabus.

Kegiatan pencanangan kampung Pancasila dibuka dengan pementasan kesenian Karawitan dan Barongan Satrio Mudo Joyo di gedung serbaguna desa Gabus.Rabu,(25/05/2022).

Kepala desa Gabus Suyadi, S.Pd.,  M.Pd.menyampaikan  terimakasih telah diberikan kepercayaan serta amanah dari Kodim 0718/Pati karena desa Gabus dicanangkan menjadi kampung Pancasila.

"Semoga Pencanangan kampung Pancasila ini mendapat Ridho dari Allah SWT, agar warga desa Gabus dapat mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,"Kata Kades.

Camat Gabus Suranta,  S.STP., M.Si. dalam kesempatan tersebut menyampaikan  bahwa kegiatan pencanangan kampung pancasila merupakan upaya sebagai penggerak agar masyarakat lebih mengenal sehingga bisa mengamalkan sila-sila Pancasila.

"Nilai-nilai luhur dalam Pancasila harus dijalankan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari tingkat keluarga hingga ke lingkungan masyarakat sehingga tercipta tatanan kehidupan bermasyarakat yang harmonis,"Ujar Camat.

Sementara itu, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P.dalam amanat yang dibacakan  Danramil 19/Gabus Kapten Cba Kistono menyampaikan  terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya pencanangan kampung Pancasila.

Menurut Dandim, bahwa kampung Pancasila ini akan dibentuk di seluruh kecamatan di wilayah kabupaten Pati.

"Latar belakang dibentuknya kampung Pancasila, kami mengamati dan merasakan telah adanya degradasi moral dan lunturnya jiwa Pancasila dan nasionalisme di kalagan milenial,"

"Masyarakat merasa asing terhadap Pancasila serta nilai-nilai Pancasila, sehingga untuk menegakkan dan menerapkan nilai nilai luhur Pancasila, menumbuhkan nilai-nilai toleransi Agama dan sikap gotong royong, untuk itu kami terpangil untuk memperbaikinya,"

"Pancasila harus dijadikan way of life atau sebagai pandangan hidup bangsa yang mengandung makna bahwa semua kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila,"Tandas Dandim dalam amanat yang dibacakan Danramil.(VP.Snpt)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.