budaya

Puncak Tradisi Meron di Gelar Hari ini di Sukolilo

Puncak Tradisi Meron di Gelar Hari ini di Sukolilo
Visitpati.com - Sukolilo, Kelahiran Nabi Muhammad SAW atau peringatan maulid Nabi di peringati sangat meriah di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati Jawa Tengah. Puncak kegiatan tersebut di gelar hari ini (Selasa, 13 Desember 2016). Tradisi Meron adalah budaya warisan turun temurun yang rutin dilaksanakan tiap tahun di bulan Rabiul Awwal.

Perayaan ini sempat menyedot perhatian warga, tak hanya warga Kecamatan Sukolilo, bahkan juga ada warga Kudus dan Purwodadi yang menyaksikan tradisi tahunan tersebut.

Saking ramainya warga yang ingin melihat langsung, akses jalan provinsi dari Pati ke Purwodadi macet total, untuk menekan kemacetan, Satlantas Polres Pati mengalihkan lalin melewati Cengkalsewu - Jekulo - Kudus.

Meron adalah tradisi memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW juga berlangsung di kecamatan Sukolilo, 27 km arah selatan Pati. Upacara ini ditandai dengan arak-arakan nasi tumpeng yang menurut masyarakat setempat disebut Meron. 

Nasi tumpeng tersebut dibawa ke masjid Sukolilo sebagai kelengkapan upacara selamatan. Prosesi Meron tersebut diikuti oleh aneka ragam kesenian tradisional setempat. Setelah upacara selamatan selesai, nasi Meron kemudian dibagikan kepada seluruh pengunjung.

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.