Babinsa Koramil 05/Kejajar Dampingi Kegiatan Tracing Contact Erat Terkonfirmasi Covid-19

visitpati.com, Wonosobo - Babinsa bersama Bhabinkamtibmas melakukan pendampingan terhadap petugas tracing contact Covid-19 bidan Desa dari Puskesmas Kejajar  1 Kabupaten Wonosobo, Kamis  (19/08/2021)

Serka Mugiyono Koramil 05/Kejajar ,Kodim 0707/Wonosobo,Selaku   Babinsa Desa Sigedang Kec Kejajar  mendampingi tim dari Puskesmas  Kejajar  1 melakukan tracing contact (pelacakan kontak erat) Covid-19 ke rumah-rumah warga di Desa Sigedang  Kecamatan  Kejajar Kabupaten Wonosobo .

Kedatangan tim ini untuk melakukan tracking terhadap warga yang Kontak erat dengan pasien positif Covid-19, "Tentu dilacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu," kata Serka  Mugiyono  di sela-sela kegiatan.

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Corona.

Selama ini para Bidan Desa dan Tim dari Puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo  untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

"Akan tetapi titik kesulitannya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen, oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact,' bebernya

Serka Mugiyono  juga menyampaikan dari aparat TNI – Polri bisa membantu bidan desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. Kemudian, melakukan kegiatan tracing dari tim Puskesmas dengan pendampingan Babinsa serta ada relawan Posko PPKM

"Tidak semua warga mau menerima kenyataan yang telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan menolak untuk dites swab atau rapid antigen," ujarnya.

Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact dari Babinsa bersama tim tracing dari Puskesmas  Kejajar  1 warga yang tercatat kontak erat akan melaksanakan rapid tes antigen, "Kegiatan ini terus kita jalankan guna memutus mata rantai virus Covid-19," pungkasnya. (Pendim0707/Wsb).

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.